Makanan Ringan Memperparah Batuk-Radang Tenggorokan

Sebenarnya Radang tenggorokan dan batuk sama saja. Batuk merupakan bagian dari tanda-tanda radang tenggorokan. Batuk merupakan reaksi pertahanan tubuh terhadap masuknya benda asing didalam saluran pernapasan. Benda asing yang dimaksud adalah bakteri atau virus yang masuk kesaluran napas. Tubuh berusaha mengeluarkannya dengan cara batuk. Radang dalam istilah kedokteran disebut inflamasi. Inflamasi adalah suatu reaksi perlawanan tubuh terhadap masuknya patogen ke dalam tubuh, pathogen itu umumnya adalah virus atau bakteri. Saat tubuh mengadakan perlawanan akan timbul tanda-tanda peradangan seperti panas, bengkak, nyeri sampai gangguan fungsi organ yang terkena radang.
Radang tenggorokan bisa mengenai tonsil (amandel) atau tenggorokan (faring), bisa juga mengenai kedua hal tersebut. Gejala radang tenggorokan ditandai dengan batuk. Bisa batuk kering atau batuk berdahak,bisa disertai nyeri saat menelan dan demam.
Karena penyebab utama radang adalah infeksi, berarti makanan bukan penyebab utamanya. Salah bila ada anggapan makan mie, snack bumbu sebagai pemicu radang. Meskipun begitu makanan tersebut dapat memperparah radang tenggorokan. Sebaiknya bunda memperhatikan makanan saat anak batuk, karena makanan yang dikonsumsi bisa menimbulkan iritasi didaerah tenggorokan.

Tidak ada komentar: