Mengobati Kencing Manis Dan Hepatitis Dengan Daun Sendok

Mengobati Kencing Manis Dan Hepatitis Dengan Daun Sendok. Daun sendok (Plantago major L.) rasanya manis dan sifatnya dingin berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Penyakit tersebut, antara lain batu empedu, batu ginjal, radang prostat (prostatitis), influenza, demam, batuk rejan, (pertusis), radang saluran napas (bronkitis), diare, disentri, nyeri lambung, radang mata merah (konjungtivitis), mengatasi penglihatan yang kabur.

Selain itu, daun sendok juga dapat meng-obati kencing manis, hepatititis akut disertai kuning, cacingan, gigitan serangga, pendarahan seperti mimisan dan batuk darah serta gangguan pada saluran kencing. Gangguan saluran kencing ini meliputi infeksi saluran kencing, kencing berlemak, kencing berdarah, bengkak karena penyakit ginjal/nefrotik edema, dan ken-cing sedikit karena panas.

Biji daun sendok berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan pada anak (dispepsia), afrodisiak, spermatorea, kencing sakit (disuria), sukar kencing, rasa penuh di perut bagian bawah, diare, disentri, cacingan, penglihatan kabur, mata merah, sakit akibat panas pada organ hati.

Khasiat lain dari biji daun sendok adalah untuk meng-obati batuk disertai banyak dahak, beri-beri, tekanan darah tinggi (hipertensi), sakit kuning, dan rematik gout. Rebusan bijinya meningkatkan pengeluaran urea, asam urat, dan sodium chloride. Akarnya berkhasiat untuk mengatasi keputihan (leukorea), dan nyeri otot. Sumber Sainsindonesia

Tidak ada komentar:


dmoz.org
Subscribe to me on FriendFeed