Buah Asam Menurunkan Panas, Nyeri Dan Antiseptik

Buah Asam Menurunkan Panas, Nyeri Dan Antiseptik. Rasa buah asam (Tamarindus indica L.) manis dan asam, bersifat sejuk, astringen ini memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan.  Buah asam berkhasiat sebagai pencahar (laksan), penyejuk, pereda demam (antipiretik), antiseptic, abortivum, dan meningkatkan nafsu makan.
Kegunaan daun asam, yang masuk suku Caesalpiniaceae (Leguminosae) ini berkhasiat sebagai penurun panas, pereda nyeri (analgesik), dan antiseptik. Kulit kayu berfungsi sebagai astringen dan tonik.

Memang buah asam sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, apalagi mereka yang tinggal di pedesaan. Kenapa? Ya…karena buah yang sering digunakan untuk membuat bumbu rujak ini memang cukup mudah dijumpai di Indonesia.
Asam merupakan tanaman daerah tropis yang termasuk tumbuhan berbuah polong. Mempunyai batang yang keras dan berdaun rindang, bahkan bagi penggemar bonsai atau tanaman hias, pohon asam memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Jika ingin memanfaatkan buah dan daun asam untuk pengobatan tidak sulit, bahkan bisa dikatakan sangat sederhana. Menurut Ayo Mengenal Tanaman Obat yang diterbitkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, untuk diminum maka buah asam yang sudah diambil bijinya dengan takaran berat 15-30 gram direbus dan setelah itu sudah bisa diminum.

Sedangkan untuk pemakaian luar, perlu beberapa langkah untuk sampai siap dikonsumsi. Rebus daun, biji atau buah asam. Selanjutnya gunakan hasil rebusan tersebut untuk membasuh. SainsIndonesia

Tidak ada komentar: