Penyebab dan Gejala Infeksi Saluran Kencing

Penyebab Infeksi Saluran Kencing. Infeksi saluran kencing merupakan reaksi peradangan terhadap masuknya bakteri/mikroorganisme kedalam saluran kemih. Dikenal juga dengan nama ISK uncomplicated yaitu infeksi saluran kemih tanpa disertai kelainan fisik/anatomi dan struktur. Sedangkan ISK complicated disertai kelainan fisik/anatomi atau ada penyakit lain secara umum. Infeksi saluran kencing terjadi karena bakteri bisa masuk melalui :
Ascending – sebagian besar bakteri memasuki saluran kencing dengan cara ini.
Hematogen – melalui pembuluh darah
Langsung dari organ sekitar yang telah terinfeksi sebelumnya
Beberapa factor yang mempermudah masuknya bakteri antara lain adalah kebiasaan menahan kencing, kurang minum hingga produksi urine sedikit, stress, diet yang salah, kerusakan urethra saat melahirkan operasi dan lainnya. Bahkan naiknya hasrat berhubungan seksual saat bulan madu juga bisa memicu infeksi saluran kencing.
Gejala infeksi saluran kencing bervariasi dari yang tanpa gejala sampai yang berat. Cystitis adalah gejala yang paling umum pada infeksi saluran kencing yang ditandai dengan gejala-gejala berikut :
Merasa ingin selalu buang air kecil
Terasa panas saat buang air kecil
Kesulitan saat buang air kecil
Keluar darah saat buang air kecil
Rasa sakit diatas tulang duduk(public)
Bau yang tidak sedap(menyengat) saat buang air kecil dipagi hari
Untuk mencegah dan mengatasi infeksi saluran kencing ringan, cobalah langkah-langkah berikut ini :
Minumlah banyak air setiap hari
Sering-sering buang air kecil/jangan menahan kencing.
Bagi para wanita dianjurkan untuk membasuh alat kelamin dri depan kebelakang untuk mencegah bakteri masuk miss v dan kandung kemih.
Gunakan pelumas sebelum berhubungan seks.
Makan dan tidur secara teratur.
Hindari stress.
Hindari menggunakan pakaian ketat
Diet makanan seimbang.
Pengobatan pada infeksi saluran kencing ini biasanya menggunakan antibiotic yang dianjurkan oleh dokter, penanganan yang tidak serius pada infeksi saluran kencing ini bisa menyebabkan infeksi pada ginjal.

Tidak ada komentar: