Follow my blog with Bloglovin

Mavrodi Mondial Moneybox

MMM adalah singkatan Mavrodi Mondial Moneybox (Brankas Mavrodi Mondial) atau member di Indonesia menyebutknya dengan Manusia Membantu Manusia. MMM Adalah komunitas social financial networking dimana para member saling memberikan bantuan financial satu dengan yang lainnya, sehingga menciptakan sebuah peluang penghasilan bagi para membernya. Analoginya MMM bagaikan sebuah celengan virtual yang besar.
setiap orang yang menempatkan uangnya di celengan tersebut mempunyai hak untuk mengambil dengan bonus sebulan kemudian semakin banyak member yang masuk dan membuktikan hasilnya maka uang yang ada di dalam makin besar dan kemungkinan untuk mendapat bantuan dana terbuka lebar.

Sistem MMM diciptakan dan diperjuangkan oleh seorang humanitarian dari Rusia, seorang pembela rakyat bernama Sergey Mavrodi, juga seorang anti sistem birokrasi pemerintahan dunia (dalam hal ini mengenai keuangan). Ia merasa adanya kekosongan dan ketidakadilan dalam sistem perbankan negara serta dunia, yang memberi bunga begitu kecil dalam tabungan, namun memberi pinjaman dengan bunga yg sangat besar. Dari ideologi tersebutlah terciptanya sistem MMM di Rusia. Ada banyak sekali cerita, deskripsi, atau persepsi pro dan kontra media-massa mengenai MMM. Beberapa kesaksian luar biasa banyak orang yang telah terbantu dan juga saling membantu, namun juga ada berita negatif tentang MMM di media dimana menyebutkan Sergey Mavrodi adalah seorang penipu, atau MMM adalah sebuah penipuan berskema pyramid yang merugikan banyak orang, atau uang tidak dibayarkan, serta sangat banyaknya pendukung orang yang dianggap sebagai "modern robin hood" ini dan juga ada yang terus mencoba menjebloskannya dalam penjara, pencobaan penangkapan, tuduhan/tudingan palsu serta semua cerita yang cukup kontroversial sehingga dibuatlah FILM terpinspirasi dari kisah nyata ini: PiraMMMida (2011). 

Tidak ada komentar: