Follow my blog with Bloglovin

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki bekas jerawat: tekstur kulit yang rusak akibat timbulnya jerawat, dan warna kulit yang berbeda.

Untuk memperbaiki sel kulit yang luka akibat timbulnya jerawat, perlu dilakukan eksfoliasi rutin untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi, bukan berarti hal tersebut dilakukan dengan menggunakan scrub secara ekstrem.

Baking soda merupakan salah satu bahan yang mudah didapat, walaupun bukan bahan alami, yang dapat digunakan sebagai exfoliant yang cukup lembut. Baking soda terbuat dari butiran halus yang bentuknya bulat sempurna dan tidak ada sudut yang kasar, sehingga bahan tersebut cocok digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan sel kulit yang berubah warna tanpa melukai kulit dan menyebabkan iritasi.

Cara penggunaannya cukup ambil 1 sendok makan baking soda dan cambur dengan sedikit air, kemudian aplikasikan ke muka dan pijat-pijat dengan gerakan memutar. Jangan lupa membilasnya sesudahnya. Cukup digunakan 2 kali seminggu dan tidak lebih.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai penggunaan baking soda, bisa dibaca di artikel berikut ini: http://fashionesedaily.com/blog/2008/03/18/the-magic-of-baking-soda/

Untuk membantu menyamarkan warna kulit yang menghitam, bisa menggunakan jus lemon. Peras sekitar 1 sendok jeruk lemon dan gunakan air tersebut sebagai toner tiga kali seminggu. Bisa diaplikasikan dengan menyemprotkannya ke muka atau menggunakan kapas. Atau, bisa juga diaplikasikan langsung ke daerah bekas jerawat dengan menggunakan cotton bud.

Tapi ingat, hindari area mata pada saat mengaplikasikan jus lemon, karena dapat menyebabkan iritasi.

Vitamin C yang terkandung dalam jus lemon memicu proses kimia yang membantu peluruhan kulit dan sel kulit mati. Penggunaan jus lemon pada kulit juga membantu meratakan warna kulit lebih cepat dan menyamarkan warna hitam pada bekas jerawat.

 

Tidak ada komentar: