5 Cara Mencegah Pori-Pori Besar

Sekalipun wajah sudah bebas dari jerawat, namun pori-pori besar tetap saja menjadi problem yang mengganggu.
Pori-pori besar terkadang menjadi masalah yang dramatis bagi wanita. Seorang ahli estetika di New York, Elena Arbodela mengatakan bahwa saat ini problem pori-pori besar sudah mulai dilaporkan meningkat keluhannya. Wanita cenderung tak terlalu peduli lagi soal jerawat, karena merasa sudah tahu cara mengatasinya. Sedangkan problem pori-pori, hingga kini masih terus dicari solusinya.
Untuk mendapatkan kulit lembut dan bebas dari pori-pori besar tentu tidak mudah. Sebenarnya, mengecilkan pori-pori dikatakan hampir tidak mungkin kecuali melewati proses laser atau bedah estetika tertentu. Pori-pori tidak dapat dikecilkan begitu saja karena terbentuk oleh gen dan jaringan kulit sejak lahir.
Sekalipun tak bisa dikecilkan, pori-pori memiliki kesempatan untuk menjadi besar lho. Terutama apabila kulit wajah tidak dirawat dengan baik.
Agar kulit tetap halus serta pori-pori tidak besar, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.
Langkah 1:
Selalu pastikan kulit dalam keadaan bersih. Maksudnya adalah jangan biarkan sisa makeup menyumbat pori-pori. Bersihkan make up setiap selesai beraktivitas dan sebelum tidur.
Agar lebih bersih maksimal, massage wajah dengan cleanser setidaknya 30 detik, kemudian hapus dengan kapas.
Langkah 2:
Cegah komedo dengan melakukan facial atau scrubbing perlahan, terutama di daerah T dan dagu. "Dengan gerakan melingkar, scrub wajah sehingga komedo tidak tinggal lama," saran David E, Bank, MD, seorang ahli dermatologi di Mount Kisco, New York.
Komedo akan membuat pori-pori tersumbat dan apabila kotoran semakin menumpuk maka pori-pori akan semakin besar. Bahkan, bila dibiarkan terus menerus akan menjadi jerawat lho.
Langkah 3:
Pakai masker clay yang dapat meresap ke dalam pori-pori dan mengangkat seluruh kotoran yang tinggal di dalamnya. Setidaknya lakukan 1-2 kali seminggu sehingga kotoran bisa terangkat dengan maksimal.
Langkah 4:
Jangan biarkan wajah menyimpan minyak berlebihan. Pakai produk-produk yang dapat mengangkat kelebihan minyak, seperti cleanser, toner, pelembab water based, serta oil paper.
Minyak akan membawa kotoran menempel lama di wajah. Dan jika bakteri berkembang pada kulit, problem kulit lain akan mengganggu wajah.
Langkah 5:
Gunakan produk khusus water based, jangan pilih oil based sekalipun mungkin akan menempel lebih lama.
Memang sih produk oil based akan lebih awet dan tak mudah pudar. Namun, dapat dengan mudah menyebabkan jerawat serta penyumbatan pada pori-pori.
sumber vemale.com

Tidak ada komentar:


dmoz.org
Subscribe to me on FriendFeed