2 Jenis penyebab Vertigo

Untuk mencari tahu penyebab vertigo, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Vertigo bisa menunjukkan adanya penyakit serius pada tubuh sehingga terjadi gangguan keseimbangan. "Jadi gejala vertigo ini tidak boleh dianggap enteng,"

Vertigo hanya bisa disembuhkan dengan mencari tahu dari mana asal vertigo tersebut. Ada dua jenis penyebab vertigo, yaitu sentral dan periferi. Vertigo sentral mengacu pada otak. Sedangkan vertigo periferi terjadi di luar otak, seperti pada telinga dan mata.

Gangguan di otak yang menyebabkan vertigo bisa terjadi  karena luka di bagian batang otak. Selain itu, bisa juga dipicu tumor otak atau terjadi penyumbatan pembuluh dara otak yang mengganggu fungsi otak sebagai pengatur keseimbangan tubuh.

Dengan kata lain, tubuh memiliki organ keseimbangan yaitu di telinga bagian dalam. Organ ini nantinya berhubungan dengan otak. Pada umumnya, penderita vertigo mengalami gangguan di bagian otak atau di bagian telinga tersebut.

Jika tidak ada gangguan di otak, alat-alat keseimbangan dalam tubuh, seperti telinga dan mata akan diperiksa. "Sindrom meniere ini adalah salah satu gangguan pada telinga yang paling sering dikeluhkan pada penderita vertigo,"

Sindrom meniere adalah kondisi di mana terdapat cairan pada telinga bagian dalam, sehingga menyebabkan vertigo timbul.  Gejala lainnya, rasa penuh di telinga dan berkurangnya pendengaran yang juga berfluktuasi serta telinga berdengung.

Selain telinga, yang  kelelahan yang sangat pada mata juga bisa menimbulkan vertigo. Kelelahan mata bisa terjadi ketika mata dipaksa terus bekerja, kurang tidur, atau seharian menatap layar komputer. "Kebiasaan membaca sambil tiduran atau menonton sambil tiduran juga bisa mengundang vertigo,"

3 komentar:

klikharry mengatakan...

apakah Vertigo memang menyebabkan gangguan pada daya ingat dan penglihatan ? karena babeh aye setelah beberapa bulan lalu sempat vertigo dan sampai muntah2, menurut beliau penglihatannya jadi kabur. dan sampai sekarang klo untuk menginggat sesuatu itu susah.
kadang, baca tulisannya sendiri agak kesulitan.

Anonim mengatakan...

@klikharry:hub vertigo dgn mata mgkn penglihatan terasa berputar tp pengaruh dgn kabur atw tidaknya cobalah ayahnya cek ke dokter mata apakah ada katarak atw naiknya gula darah.

Anonim mengatakan...

biasanya vertigo menyerang seseorang pada usia berapa???seberapa besar tingkat keparahan penderita vertigo???tips pencegahannya sejak dini bagaimana???


dmoz.org
Subscribe to me on FriendFeed