Katak Ini Hanya Sebesar Korek Api

Tidak semua katak bisa nongkrong pada ujung batang korek api. Hanya katak berukuran mini yang bisa melakukannya.  Salah satu katak itu adalah yang ditemukan Lessy Sebastian. Pria berusia 48 tahun asal Jakarta ini menemukan seekor katak dengan tubuh hanya sepanjang setengah inci, kurang lebih seujung jari tangan.

Amfibi yang ditemukan Lessy sangat kecil dan ringan sehingga bisa nemplok di ujung batang korek api. Katak berkulit cokelat keunguan itu juga bisa nangkring di ujung bunga dan cabang tanaman hias tanpa merusaknya.  Ia menemukan katak mungil itu di kolam ikan di halaman belakang rumahnya. Saat itu si katak sedang menempel pada ujung tanaman hias yang tumbuh di permukaan kolam.

Lessy, yang buru-buru mengambil sejumlah potret sebelum si katak mungil kabur, yakin katak itu belum lama berubah dari berudu. "Awalnya saya pikir itu siput. Tapi ketika saya sentuh makhluk itu melompat," ujar Lessy, Selasa, 19 Februari 2013.

Ia sempat tercengang karena belum pernah melihat seekor katak yang berukuran sangat kecil. Bahkan, beberapa bagian tubuh katak itu terlihat transparan seperti jeli. "Sekarang makhluk kecil itu sering terlihat di kolam ikan saya. Ia tampaknya sangat senang di sana," kata Lessy.
tempo.co

Tidak ada komentar:


dmoz.org
Subscribe to me on FriendFeed