Keputihan : Jangan di anggap Sepele

keputihan
Keputihan memang suatu permasalahan yang pernah dialami oleh sebagian besar wanita. Walaupun permasalahan ini merupakan permasalahan yang umum, namun ternyata wanita masih seringkali kebingungan bila mengalami keputihan ini. Nah, semoga artikel ini dapat membantu

a. Apakah keputihan itu?

- Keputihan sering diartikan sebagai keluarnya cairan kental berwarna putih, atau kekuningan yang keluar dari vagina. Keputihan atau sering disebut sebagai fluor albus ini merupakan permasalahan yang sering dialami wanita, terutama wanita pada usia subur.

b. Apakah keputihan ini berbahaya?
= Bisa iya dan bisa tidak. Keputihan bisa jadi hanya disebabkan karena fluktuasi hormon estrogen, keputihan ini juga lazim terjadi pada kehamilan. Sebaliknya, keputihan juga bisa disebabkan karena inflamasi dan infeksi pada dinding mukosa vagina. Hal ini dapat disebabkan karena bakteri seperti Neisseria gonorrhea, Chlamydia, Gardnerella; jamur seperti Candida, ataupun parasit seperti Tricomonas vaginalis. Beberapa jurnal bahkan menyebutkan penggunaan antibiotik yang tidak rasional dapat menyebabkan keputihan karena berubahnya keseimbangan flora normal vagina

c. Bagaimana membedakan keputihan yang normal dan keputihan yang berbahaya
= Keputihan yang disebabkan perubahan hormonal tidak berbahaya dan tidak perlu diterapi. Keputihan jenis ini tidak menimbulkan rasa gatal ataupun perih pada vagina, keputihan ini juga mempunyai bau yang wajar dan tidak terlalu menyengat.
Keputihan yang disebabkan oleh penyakit mempunyai karakteristik sebagai berikut : gatal, berbau tidak sedap, serta terasa perih karena adanya iritasi pada dinding vagina.

d. Apa bahayanya bila keputihan ini tidak ditangani?
- Keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Komplikasi yang sering terjadi adalah radang pada kelenjar Bartholini, peradangan pada tuba, serta penyakit radang panggul (Pelvic Inflamatory Disease). Pada tahap yang lanjut, tidak menutup kemungkinan keputihan ini dapat menyebabkan infertilitas.

e. Apa yang harus saya lakukan bila saya menderita keputihan?
= Yang pertama harus anda lakukan adalah mengenali keputihan anda termasuk keputihan yang normal terjadi, atau keputihan yang kemungkinan disebabkan adanya proses infeksi. Bila anda mencurigai keputihan yang anda alami disebabkan oleh infeksi, maka anda harus mendapatkan pertolongan medis segera. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi dapat berlanjut bila tidak mendapat penanganan medis yang memadai. Anda juga disarankan untuk tidak berhubungan seksual dengan pasangan anda sebelum diagnosis pasti dari keputihan ditegakkan dan dokter telah memberi terapi yang adekuat. Keputihan dapat saja disebabkan oleh bakteri yang ditularkan melalui hubungan seksual dan dapat menular ke pasangan anda.


sumber http://medicalera.com/info_answer.php?thread=12518

2 komentar:

Cara Pemesanan Ace Maxs mengatakan...

apakah benar keputihan adalah petunjuk bahwa seseorang telah terkena kanker?

CrystalHawa mengatakan...

Jika keputihan terjadi pada masa kehamilan bagaimana cara mengatasinya ya?