Penyebab Infeksi Saluran Kencing

infeksi saluran kemih
Penyebab Infeksi Saluran Kencing. Infeksi saluran kencing (ISK)  merupakan reaksi peradangan terhadap masuknya bakteri/mikroorganisme ke dalam saluran kemih. Dikenal juga istilah ISK uncomplicated (sederhana) yaitu infeksi saluran kemih pada pasien tanpa disertai kelainan fisik /anatomi dan struktur .Sedang ISK complicated (rumit )apabila disertai kelainan anatomik/ struktur atau adanya penyakit lain secara umum. Infeksi saluran kencing ini merupakan penyakit yang biasa dialami pria maupun wanita.Pada umumnya wanita lebih sering mengalaminya daripada pria,karena uretra (saluran kencing yang terakhir) wanita lebih pendek dari pada pria

Sejauh ini diketahui saluran kemih harusnya steril/bebas kuman. Bakteri bisa masuk melalui cara:

1. ascending (naik) : sebagian besar bakteri memasuki saluran kemih dengan cara ini.
2. melalui pembuluh darah( hematogen)
3. langsung dari organ sekitar yang telah terinfeksi sebelumnya.

Penyebab secara umum terjadinya ISK adalah adanya ketidakseimbangan antara pertahanan tubuh dengan bakteri penyebab infeksi. Gangguan ini terjadi bila pertahanan tubuh  menurun ataupun karena bakterinya yang meningkat kemampuannya.

Beberapa faktor yang mempermudah masuknya bakteri antara lain kebiasaan sering menahan kencing ,kurang minum sehingga produksi urine sedikit,  stres, diet yang salah, kerusakan uretra saat lahir, operasi, dan lain-lain. Bahkan naiknya hasrat berhubungan seks pada saat bulan madu (honeymoon cystitis) juga bisa memicu infeksi tersebut.

Gejala dari ISK bervariasi mulai dari tanpa gejala sampai gejala yang berat.

Cystitis adalah jenis paling umum pada infeksi saluran kencing yang ditandai dengan gejala-gejala sebagai berikut:

- Merasa ingin selalu buang air kecil
- Terasa panas saat buang air kecil
- Kesulitan saat buang air kecil
- Keluar darah pada saat buang air kecil (air seni berwarna pink)
- Rasa sakit di atas tulang pubis/duduk
- Bau yang tidak sedap saat buang air kecil pada pagi hari

Untuk mencegah infeksi saluran kencing ringan serta mencegah terjadinya infeksi kembali, cobalah langkah-langkah berikut ini :

- Minumlah banyak air setiap hari
- Sering-seringlah buang air kecil dan usahakan untuk mengosongkan kandung kemih setiap saat.
- Bagi para wanita dianjurkan untuk membasuh alat kelaminnya dari arah depan ke belakang, bukan membasuhnya ke arah yang berlawanan setelah buang air besar ataupun kecil untuk mencegah bakteri memasuki daerah Miss V dan kandung kemih.
- Gunakan pelumas sebelum berhubungan seks
- Makan dan tidurlah secara teratur
- Hindarilah stres
- Hindari menggunakan pakaian ketat
- diet makanan seimbang

Tetapi bila masih mengalami infeksi saluran kencing dalam waktu dua puluh empat jam ataupun mengalaminya selama berulang-ulang, segeralah kunjungi dokter Anda.
Pengobatan pada infeksi saluran kencing ini biasanya dengan menggunakan antibiotik yang dianjurkan dokter.Penanganan yang tidak serius pada infeksi urin ini dapat menyebabkan infeksi pada ginjal, sehingga jika gejala-gejala dan rasa sakit tetap ada segeralah konsultasikan masalah tersebut pada praktisi kesehatan Anda.

sumber http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/2584/penyebab-infeksi-saluran-kencing.html

0 komentar :

Poskan Komentar


dmoz.org
My Zimbio Alfajri - Find me on Bloggers.com Subscribe to me on FriendFeed
eXTReMe Tracker