Cara Alami Putihkan Gigi

Setiap orang pasti menginginkan gigi terlihat putih dan bersih setiap tersenyum. Memiliki gigi putih cemerlang memang dambaan setiap orang, karena mencerminkan seseorang yang bersih dan menjaga kesehatan gigi. Selain itu, gigi putih membantu Anda untuk meningkatkan percaya diri.

Namun, pergi ke dokter gigi untuk membersihkan dan melakukan perawatan gigi harus merogoh kocek yang dalam. Sebenarnya, ada cara yang lebih mudah dan murah, bahkan dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk mendapatkan gigi putih cemerlang. Berikut lima cara memutihkan gigi secara alami, seperti dilansir All Women Stalk:

1. Baking soda (soda kue)


Baking soda merupakan salah satu cara alami untuk memutihkan gigi Anda. Cukup tambahkan sedikit baking soda ke pasta gigi, campurkan dalam mangkuk kecil dan sikat gigi Anda dengan campuran baking soda serta pasta gigi minimal satu kali dalam sehari. Pastikan Anda berkumur dengan benar dan bersih agar tidak ada sisa-sisa baking soda yang tertinggal di gigi Anda.

2. Stroberi


Buah kecil berwarna merah ini dapat memutihkan gigi Anda serta menghilangkan kotoran dan debu dari gigi Anda. Makanlah setengah cangkir stroberi setiap hari untuk hasil terbaik. Selain lezat, buah ini juga rendah kalori jadi Anda tidak perlu takut gemuk.

3. Kurangi konsumsi kopi dan soda


Mengonsumsi kopi dan minuman bersoda dapat membuat gigi Anda menguning. Jadi, jika Anda ingin memiliki gigi yang putih cemerlang, sebaiknya hindari kopi dan minuman bersoda. Tetapi, jika Anda tidak bisa menghindari minuman yang satu ini, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan sedotan.

4. Sikat gigi setiap habis makan

Menyikat gigi setiap habis makan, tidak hanya dapat membantu memutihkan gigi Anda, tetapi juga dapat membuat napas Anda segar. Selain itu, menyikat gigi setelah makan biasanya akan membuat Anda menahan diri untuk makan berlebih. Jadi, Anda bisa mendapatkan dua keuntungan dari kebiasaan ini. Gigi putih bersih serta tubuh yang indah.

5. Lemon

Lemon memiliki asam askorbat dalam bentuk vitamin C yang dapat membantu memutihkan gigi Anda. Anda bisa mencampurkan perasan lemon dengan air putih untuk berkumur setelah menyikat gigi. (art)

Mengapa Sikat Gigi Sebelum Tidur Malam Begitu Penting

Kesehatan gigi kerap kali diabaikan banyak orang. Padahal, gigi berlubang bisa memicu seseorang terserang penyakit jantung, gangguan otak, dan bahkan kelahiran prematur.
Selain rutin memeriksakan gigi ke dokter setiap enam bulan sekali, masyarakat juga dianjurkan menyikat gigi setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.
"Pada malam hari, sisa-sisa makanan akan berkembang dua kali lipat lebih cepat menjadi bakteri. Kondisi inilah yang nantinya menyebabkan gigi berlubang," ujar Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI), drg. Syarif Hidayat, SpKGA(K), saat ditemui di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan.

Ketika tidur di malam hari, mulut sama sekali tidak beraktifitas sehingga produksi air liur menjadi lebih sedikit. Saat inilah kuman yang berasal dari sisa makanan berkembangbiak. Kemungkinan kuman menempel pada gigi pun lebih besar.

Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya produksi asam kuman dalam mulut yang dapat melarutkan permukaan gigi. Alhasil gigi menjadi berlubang.

"Gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang di derita masyarakat di seluruh dunia, dan berbahaya," ucapnya.


dmoz.org
Subscribe to me on FriendFeed