Batuk produktif (Berdahak)

Disebut batuk produktif bila saat batuk juga disertai dengan keluarnya dahak. Dahak yang keluar bisa berasal dari hidung dan sinus bisa juga dari kerongkongan dan paru paru. Batuk berdahak tidak boleh ditekan karena fungsi sebenarnya adalah untuk membersihkan saluran nafas dari dahak.  Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan batuk berdahak :
  • Infeksi virus. Adalah normal jika anda batuk berdahak saat menderita common cold. Batuk biasanya dicetuskan oleh dahak yang ada di kerongkongan.
  • Infeksi. Infeksi yang menyerang paru paru dan saluran nafas bagian atas dapat menyebabkan batuk. Batuk berdahak bisa jadi merupakan tanda penyakit pneumonia, bronchitis, sinusits atau TBC.
  • Penyakit paru menahun. Batuk berdahak bisa juga menandakan suatu penyakit paru menahun atau COPD.
  • GERD. GERD terjadi saat asam lambung naik ke tenggorokan dan menimbulkan batuk terutama saat tidur.
  • Pilek. Cairan yang berasal dari hidung turun ke kerongkongan dan menimbulkan batuk.
  • Merokok. Asap rokok yang masuk ke saluran nafas akan merangsang pengeluaran lendir dan menyebabkan batuk.

Vertigo, Bisa Jadi Gejala Awal Stroke

KOMPAS.com - Vertigo rupanya dapat menjadi tanda atau gejala dari suatu penyakit tertentu seperti  stroke dan tumor. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan, sekitar 10 persen pasien stroke mengaku mengalami gejala awal pusing berputar (vertigo).

Demikian disampaikan spesialis saraf dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) M. Kurniawan  saat acara Seminar Vertigo "Re-Balance Your Life" di RS Asri, Jakarta, Rabu (26/10/2011).
"Vertigo penyebabnya macam-macam, salah satunya gangguan di sentral (otak kecil). Kalau gangguan di otak, paling banyak karena penyumbatan pembuluh darah di otak, yang disebabkan stroke," katanya.
Menurut Kurniawan, keluhan vertigo akibat gangguan pada bagian sentral (stroke dan tumor) kasusnya tidak banyak dan hanya 20 persen saja. Pasalnya, sebagian besar keluhan vertigo lebih dibanyak dipicu karena adanya gangguan pada perifer (vertigo posisi).

"Vertigo itu gejala. Jadi kalau kita ingin menegakkan diagnosis kita harus lihat dua hal. Pertama gejala yang dirasakan pasien (keluhan). Kedua, tanda-tandanya lewat pemeriksaan fisik atau laboratorium," ucapnya.
Kurniawan memaparkan, ada 3 (tiga) cara skrining stroke yang paling mudah, yakni dengan melihat keluhan paling umum. Pertama pasien, kita minta untuk senyum. Kalau bibirnya mencong, kita curiga dia stroke. Kedua, dengan mengangkat tangan. Kalau tangan yang sebelah lebih tinggi dari yang satunya berarti dia stroke separuh badan. Ketiga, dengan melihat gangguan bicara. Jika di ajak bicara tidak nyambung, atau diajak ngomong nyambung tapi bicaranya cadel (padahal sebelumnya tidak cadel).

"Di luar 3 gejala itu, bisa jadi gejala awalnya justru vertigo. Meski sebagian besar gangguannya lumpuh sebelah badan, mulut mencong dan bicara cadel, Tetapi bisa saja stroke datang dengan gejala vertigo, " jelasnya.

Menurut Kurniawan, risiko seseorang mengalami gejala vertigo biasanya akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Bahkan, sejumlah penelitian menunjukkan, angka kejadian vertigo diatas usia 40 tahun mencapai 40 persen. Sementara pada anak-anak dan remaja, vertigo lebih disebabkan karena traumatik (benturan) baik itu ringan atau berat.

Penderita Osteoporosis Rentan Terkena Vertigo

Go4HealthyLife.com, Jakarta - Pasien osteoporosis besar kemungkinan mengalami vertigo, menurut sebuah studi.

Penelitian yang diterbitkan di Neurology, jurnal medis dari American Academy of Neurology, melibatkan 209 orang dengan vertigo posisional jinak dengan tidak diketahui penyebabnya seperti trauma kepala atau operasi telinga.

Vertigo adalah gangguan telinga bagian dalam yang merupakan penyebab umum pusing. Kelainan ini diyakini disebabkan oleh kristal kalsium karbonat longgar yang bergerak di saluran penginderaan telinga bagian dalam.

Orang-orang dengan vertigo dibandingkan dengan 202 orang yang tidak memiliki riwayat pusing. Orang dengan osteoporosis, atau kepadatan tulang yang rendah, tiga kali lebih mungkin untuk memiliki vertigo, dan orang dengan osteopenia, yang merupakan tahap sebelum osteoporosis, dua kali lebih mungkin untuk mengalami vertigo dibandingkan orang yang memiliki kepadatan tulang yang normal.

Pada wanita, 25 persen dari mereka dengan vertigo menderita osteoporosis, dibandingkan dengan sembilan persen dari mereka yang tidak memiliki vertigo, dan 47 persen dari mereka dengan vertigo telah osteopenia, dibandingkan dengan 33 persen dari mereka yang tidak vertigo, demikian menurut Times of India.

Vertigo bukanlah suatu penyakit melainkan gejala dari berbagai gangguan saraf, penyakit dalam atau THT (telinga hidung tenggorokan). Vertigo terkadang juga bisa menjadi salah satu tanda awal serangan stroke.

Vertigo atau kehilangan keseimbangan akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari walaupun tidak menimbulkan rasa sakit pada organ tubuh lainnya. Ketika kambuh, penderita vertigo akan mengalami kesulitan berdiri dan bergerak karena merasa sakit kepala luar biasa hingga dunia tampak berputar, bahkan kerap kali disertai dengan rasa mual dan muntah.

80 persen vertigo disebabkan karena gangguan pada peripheral yaitu pada bagian telinga dalam (THT) dan 20 persen gangguan pada sentral yaitu bagian otak dan sistem saraf.

Vertigo bisa disebabkan karena adanya gangguan saraf, penyakit dalam dan THT (telinga, hidung, tenggorokan). Beberapa faktor yang menyebabkan vertigo antara lain karena serangan migrain, radang pada leher, mabuk kendaraan, infeksi bakteri pada alat pendengaran dan kekurangan asupan oksigen ke otak.

Kelainan pada telinga juga sering menjadi penyebab, termasuk pula kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba, gangguan di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak maupun di dalam otaknya sendiri. Vertigo bisa merupakan gejala di central, di otak kecil atau pembuluh darah di otak. Stroke juga bisa menyebabkan gejala stroke, bahkan 10 persen pasien stroke mengalami gejala awal pusing vertigo

Batuk bisa jadi Tanda-Tanda Kanker Paru-Paru

KANKER paru-paru termasuk sulit dideteksi secara dini. Tetapi, ada beberapa hal yang dapat diwaspadai sebagai gejala kanker paru.

"Seperti prinsip penyakit kanker lainnya, jika semakin cepat ditangani pada stadium awal, kemungkinan sembuh semakin besar. Tapi masalahnya, deteksi dini agak susah pada kanker paru-paru," tutur dr Ronald Hukom SpPD-KHOM, spesialis kanker pada orang dewasa dari RS Kanker Dharmais saat dihubungi Okezone melalui telepon genggamnya, Jumat (27/4/2012).

Ronald menjelaskan, deteksi dini adalah suatu proses yang dilaksanakan bertahun-tahun untuk menemukan penyakit. Untuk kanker paru-paru, tidak memiliki gejala saat didiagnosis dan kanker ditemukan secara kebetulan ketika melakukan rontgen dada atau CT scan untuk pemeriksaan lain.

Kendati demikian, terdapat beberapa gejala awal yang patut diwaspadai sebagai awal mula kanker paru-paru. Berikut ini tanda-tandanya:

Batuk tidak sembuh berminggu-minggu

Batuk hingga berminggu-minggu, itu patut curiga. Tiga minggu tak sembuh, segera periksa ke dokter. Tapi bukan lantas itu kanker paru, bisa jadi infeksi dan alergi. Karenanya, harus segera diperiksa agar segera ditangani.

Batuk darah

Prinsipnya, batuk dalam jangka waktu cukup lama, apalagi disertai darah, harus segera periksa lengkap. Batuk darah, walaupun darahnya sedikit, itu pertanda serius.

Sakit dada

Jika dada terasa sakit tanpa penyebab yang jelas, itu juga bisa menjadi gejala.

Turun berat badan tanpa sebab

Begitupun jika Anda merasa berat badan turun, padahal sedang tidak diet, tidak melakukan usaha-usaha menurunkan berat badan.

Nyeri pada tulang

Gejala lain juga jika terasa nyeri pada tulang. Kanker paru menekan saraf sehingga terasa nyeri tanpa sebab yang jelas, itu juga di waspadai.

Sakit nafas

Ketika nafas sakit, begitu sulit, istilahnya bengek seperti orang asma, itu juga salah satu pertanda.

Semua tanda-tanda tersebut harus diperiksa ke dokter. Bila Anda jelas perokok aktif, nyeri dada, batuk-batuk terus, apalagi disertai darah, itu kemungkinan besar gejala kanker paru-paru karena lebih dari satu atau dua tanda.
(tty)

Monetize Your Blog With Google Affiliate Ads for Blogger

When
you share your words, thoughts and photos on Blogger, you are sharing
your passions with the world. Sometimes, you’re passionate about brands
or products. Starting today,
you can make money by promoting relevant products in your posts, gaining income for each new customer you introduce to your favorite brands.


This
is a new way for you to monetize your blog, giving you control over the
advertisers and products you promote, and better connecting your
readers with the things you love.


To get started, go to the Earnings tab on Blogger, and click “Get Started”. If you have an existing AdSense account and the content of your blog matches available ad categories, you're already set. Select
an affiliate ad from the “Advertiser Products” widget that appears in
the Post Settings panel in the post editor. If you don’t already have an
AdSense account,
sign up.


When
you post about a brand or product from a featured advertiser, the
Google Affiliate Ads for Blogged widget will help you to display an
affiliate ad in your blog, w
hich
can be a text link, a product image, or a banner. You may earn
commissions when someone clicks on your ads and makes a purchase on the
advertiser’s site, going beyond “payment per click” to “payment per
action” and extending the influential relationship you have with your
audience.


Get started with Google Affiliate Ads for Blogger today to monetize your blog and bring your readers to the products you love.

Sirsak Obat Kanker Yang Disembunyikan Bertahun-tahun

Sirsak inilah obat kanker paling ampuh, tapi disembunyikan bertahun-tahun

Mengapa hanya sedikit yang Tahu?

Karena salah satu perusahaan dunia merahasiakan penemuan riset mengenai hal ini serapat-rapatnya, mereka ingin dana riset yang di keluarkan sangat besar, selama bertahun-tahun, dapat kembali lebih dulu plus keuntungan berlimpah dengan cara membuat pohon Graviola Sintetis sebagai bahan baku obat dan obatnya di jual ke pasar dunia.

Membuat Teks Berjalan (marquee) di Blog

Membuat Teks Berjalan (marquee) di Blog, Marquee adalah suatu program HTML untuk membuat teks bisa bergerak atau berjalan. Program marquee ini banyak diminati dan di pakai oleh para blogger di dalam blognya karena sifat program ini yang dinamis serta menarik untuk di lihat disamping untuk menghemat tempat pada halaman blog.

Cara membuatnya, yaitu:

- Pertama, login ke Blogger.
- Kemudian klik Rancangan dan Elemen Laman.
- Ketika sudah berada di Elemen Laman klik Tambah Gadget.
- Lalu pilih HTML/JavaScript.
Langkah selanjutnya, masukkan kode Marquee yang Anda inginkan seperti contoh di bawah ini:

Atribut yang sering di gunakan adalah :
BGCOLOR="warna" –> Untuk mengatur warna background (latar belakang) teks
DIRECTION="left/right/up/down" –> Mengatur arah gerakan teks
BEHAVIOR="scroll/slide/alternate" –> Untuk mengatur perilaku gerakan
Scroll –> teks bergerak berputar
Slide–> teks bergerak sekali lalu berhenti
Alternate –> teks bergerak dari kiri kekanan lalu balik lagi ( bolak-balik bo)
TITLE=’pesan" –> Pesan akan muncul saat mouse berada di atas teks
SCROLLMOUNT="angka" –> mengatur kecepatan gerakan dalam pixel, semakin besar angka semajin cepat gerakannya.
SCROLLDELAY="angka" –> Untuk mengatur waktu tunda gerakan dalam mili detik
LOOP="angka|-1|infinite" –> Mengatur jumlah loop
WIDTH="lebar" –> Mengatur lebar blok teks dalam pixel atau persen

Madu Obat Batuk Berdahak Pada Bayi

Madu Obat Batuk Berdahak Pada Bayi

Madu dikenal mempunyai banyak manfaat. Satu sendok teh madu yang diminum sebelum tidur dapat meredakan batuk dan membantu anak tidur lebih nyenyak. ketika bayi anda batuk berikan saja obat tradisional untuk batuk berdahak pada bayi ini karena selain rasanya manis juga memiliki manfaat yang besar bagi tubuh.
Selain itu madu juga bermanfaat melegakan dan menyembuhkan luka pada tenggorokan.

madu merupakan obat tradisional untuk batuk berdahak pada bayi dan terbukti ampuh menyembuhkan berbagai macam batuk termasuk juga batuk berdahak. Mulai sekarang anda tak perlu kawatir lagi jika anak anda terserang batuk. Cukup dengan memberinya satu sendok madu maka batuk pun segera hilang.

link terkait : 
Cara Alami Atasi Batuk pada Bayi

Apakah bayi < 1 tahun  boleh minum madu ? Ternyata setelah googling saya tambah bingung, heueheu,...
silakan googling ya bayi minum madu

Vertigo

Vertigo dapat digolongkan sebagai salah satu bentuk gangguan keseimbangan dalam telinga bagian dalam sehingga menyebabkan penderita merasa pusing dalam artian keadaan atau ruang di sekelilingnya menjadi serasa 'berputar' ataupun melayang.
Gerakan mata yang abnormal menunjukkan adanya kelainan fungsi di telinga bagian dalam atau saraf yang menghubungkannya dengan otak. Nistagmus adalah gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Arah dari gerakan tersebut bisa membantu dalam menegakkan diagnosa. Nistagmus bisa dirangsang dengan menggerakkan kepala penderita secara tiba-tiba atau dengan meneteskan air dingin ke dalam telinga.
Untuk menguji keseimbangan, penderita diminta berdiri dan kemudian berjalan dalam satu garis lurus, awalnya dengan mata terbuka, kemudian dengan mata tertutup.
Tes pendengaran seringkali bisa menentukan adanya kelainan telinga yang memengaruhi keseimbangan dan pendengaran.
Pemeriksaan lainnya adalah CT scan atau MRI kepala, yang bisa menunjukkan kelainan tulang atau tumor yang menekan saraf.
Jika diduga suatu infeksi, bisa diambil contoh cairan dari telinga atau sinus atau dari tulang belakang.
Jika diduga terdapat penurunan aliran darah ke otak, maka dilakukan pemeriksaan angiogram, untuk melihat adanya sumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak.
 Pengobatan vertigo tergantung kepada penyebabnya.Obat untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. Skopolamin terutama berfungsi untuk mencegah motion sickness, yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari. Semua obat di atas bisa menyebabkan kantuk, terutama pada usia lanjut. Skopolamin dalam bentuk plester menimbulkan efek kantuk yang paling sedikit.

Tes Kolesterol Darah

Tes Kolesterol Darah
Tes kolesterol darah adalah tes yang mengukur kadar zat lemak yang disebut lipid dalam darah. Tes ini biasanya dilakukan sebagai satu paket tes yang disebut profil lipid atau panel lipid, yang mencakup kolesterol total, HDL, LDL, dan trigliserida. Tes ini juga sering dilakukan bersamaan dengan tes darah rutin lainnya.

Samsung Rilis Galaxy Note Serba Pink

Samsung mendandani salah satu smartphone andalannya, Galaxy Note dengan warna girly. Smartphone berlayar jumbo itu kini hadir dengan warna Berry Pink setelah sebelumnya hanya dibalut warna putih dan hitam.

craigslist home page

My News: craigslist home page:
It started at random, such partnerships often young, fast connection, limited budgets and big ideas. Back in the summer of 2009, Jacob Krupnick, an aspiring photographer in his mid-20s, pulled a fashion PR firm hired her for a promotional video for a shoe show. He went on Craigslist to recruit 50 dancers (all skills, all ages, all body ") to set up a makeshift studio in the Meatpacking District hot night in July.

Macan Dahan Kalimantan

Macan dahan Kalimantan (Neofelis diardi), atau Macan dahan Sunda, adalah kucing liar berukuran sedang yang ditemukan di Kalimantan dan Sumatera. Pada tahun 2006, ia diklasifikasikan sebagai spesies terpisah dari kerabat sebenuanya, Neofelis nebulosa.
Nama Bornean Clouded Leopard (Macan Dahan Kalimantan) diterbitkan oleh WWF pada 14 Maret 2007, mengutip Dr. Stephen O'Brien dari U.S. National Cancer Institute mengatakan, "Hasil kajian genetik jelas-jelas menunjukkan bahwa macan dahan Kalimantan harus dianggap sebagai spesies yang terpisah".
Tahun 2008, IUCN mengklasifikasikan spesies ini sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan, dengan ukuran populasi efektif total diperkirakan kurang dari 10.000 individu dewasa, dan tren populasi yang menurun.

Penggunaan suara walet 24 jam mengganggu tetangga

Suara walet hampir dimanapun terdengar, semua berlomba membunyikan sound systemnya dengan keras dengan harapan mampu memanggil burung walet yang banyak. Tanpa peduli dengan tetangga kiri dan kanan. Tanpa peduli waktu ibadah. Tanpa peduli jam malam. Yang penting burung walet datang.

dmoz.org
Subscribe to me on FriendFeed